Ini Dia Gadget Besutan Nokia Untuk Melawan Android & iOS




Bocoran Lumia 920 (ubergizmo)
Menghadapi persaingan yang semakin ketat Nokia dan Microsoft bersiap meluncurkan smartphone jagoannya yang memakai sistem operasi Windows Phone 8. Ponsel yang kemungkinan besar meluncur malam ini waktu Indonesia, menjadi harapan besar mereka untuk tetap memberikan perlawanan terhadap Android dan iOS. 

Nokia dilaporkan merilis dua smartphone Windows Phone 8 sekaligus, yaitu Lumia 920 dan Lumia 820. Foto bocorannya sudah muncul dan kabarnya, ponsel tersebut akan memiliki kemampuan wireless charging.

"Fitur-fitur mereka harus lebih menonjol lagi. Harus ada perangkat yang berkategori wow," demikian pendapat Hannu Rauhala, seorang analis dari Pohjola Bank yang mengamati pergerakan harga saham Nokia.

Nokia memang sedang terengah-engah di pasar smartphone dan mengalami kerugian cukup besar. Pangsa pasarnya sekarang hanya 10% dari sekitar 50% di masa kejayaannya. Bahkan sebagai akibatnya, mereka berencana melakukan PHK terhadap 10 ribu karyawan. 

Windows Phone yang diandalkan Nokia juga belum bertaji. Data terakhir dari Strategy Analytics menyebutkan Windows Phone hanya memiliki 3,7% pangsa pasar sistem operasi smartphone, kalah jauh dari Android dengan 68% dan iOS dengan 17%. 

Bagi Microsoft sendiri, kesuksesan Lumia akan membuat lebih banyak vendor dan operator tertarik memasarkan handset Windows Phone. Microsoft dan Nokia memang berambisi membuat Windows Phone menjadi ekosistem terbesar ketiga di samping Android dan iOS. 

Yang jelas, Nokia dan Microsoft tetap punya peluang. Beberapa pihak menilai kekalahan vendor Android di bidang hukum melawan Apple dan semakin melemahnya BlackBerry bisa menguntungkan Windows Phone. Meski tugas mereka memang sangat berat. 

"Persepsi konsumen pada brand Windows terbentuk oleh penggunaan PC. Meskipun kehadiran Windows 8 akan membantu, masih ada cukup banyak pekerjaan untuk mengatasi prasangka sejarah itu dalam rangka transisi ke mobile," kata Ben Wood, analis di CCS Insight. 


Responses

0 Respones to "Ini Dia Gadget Besutan Nokia Untuk Melawan Android & iOS"

 

Related Articles

Recommended Post Slide Out For Blogger
Return to top of page Copyright © 2013 | HOT-Techno - All Rights Reserved
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...